Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Adakan Pengawasan Arsip Internal di Perangkat Daerah Indramayu

Share to 
Administrator | Wed, 24 April 2024

 

Indramayu, 24 April 2024 – Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan pengawasan arsip internal di perangkat daerah se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memastikan pengelolaan arsip di setiap perangkat daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pengawasan arsip internal dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan Kearsipan. Tim pengawas dari Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu melakukan pemeriksaan terhadap berbagai aspek pengelolaan arsip, antara lain: 1. Penataan arsip 2.Penyimpanan arsip 3. Pengamanan arsip 4. Penggunaan arsip 5. Pemanfaatan arsip.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Hj. Rumsia, mengatakan bahwa pengawasan arsip internal ini penting untuk memastikan bahwa arsip di setiap perangkat daerah dikelola dengan baik. "Arsip merupakan aset penting bagi organisasi, sehingga perlu dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan secara optimal," ujarnya.

Titin Suyanti Kasubag Umpeg Bappeda Litbang yang dikunjungi tim pengawas, mengatakan bahwa kegiatan pengawasan arsip internal ini sangat bermanfaat. "Melalui kegiatan ini, kami mendapatkan masukan yang berharga untuk meningkatkan pengelolaan arsip di kantor kami," ujarnya.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu akan terus melakukan pengawasan arsip internal secara berkala untuk memastikan bahwa pengelolaan arsip di setiap perangkat daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku./FIN.

 

Dokumentasi kegiatan Pengawasan Arsip Internal 2024 :