Soal Pengelolaan Perpustakaan Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur studi banding ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu

Share to 
Administrator | Tue, 08 November 2022


 

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu terima kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, Selasa, 8 November 2022.

Kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur ini, dalam rangka studi banding terkait Peraturan Daerah (Perda) penyelenggaraan perpustakaan untuk dijadikan pedoman perda di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam kunjungan itu rombongan yang terdiri dari Ketua Komisi I, H. Sariman, S.Pd.I, beserta tiga orang anggota yaitu Syamsudin, Hasri Sahri, ST dan H. Andi Iskandar Hamala,S.Sos  diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu, Drs. Iwan Hermawan, M.Pd, didampingi oleh Hj. Tati Hartati, S.ST., MH Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pelestarian Bahan Pustaka. Sulaeman Jazuli,SE., M.M Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan  Pembudayaan Kegemaran Membaca serta Hj. Rumsia, SE., M.Si Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, H. Sariman, S.Pd.I menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari Perda Penyelenggaraan Perpustakaan dan beberapa inovasi program kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu.

“Saya beserta anggota Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, ingin study banding terkait  penyelenggaraan perpustakaan. Sebab, saya mendapatkan informasi baik dari media sosial dan rekan, di sini sudah ada perdanya dan saat ini kami baru merancang dan ingin melihat referensi dari perda yang sudah ada, “ujarnya

Dipilih Kabupaten Indramayu sebagai tempat kunjungan kerja kali ini, kata dia karena sebelumnya sudah melalui beberapa pertimbangan, pihaknya juga telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah, akan tetapi di Kabupaten Indramayu inilah yang bagus sekali, menurutnya komitmen Bupati bersama dengan kepala Dinas nya memang sangat jelas, imbuhnya.

Tak hanya itu, Kabupaten Indramayu juga telah mendapat penghargaan baik tingkat Nasional dan Provinsi, sebagai Perpustakaan yang telah bertransformasi berbasis inklusi sosial, itulah makanya kami hadir kemari untuk banyak belajar dari keberhasilan yang sudah didapat oleh Perpustakaan Umum Kab. Indramayu, “kata dia.

“Ke depan tentunya kami akan menyampaikan kepada Dinas terkait di Kabupaten Penajam Paser Utara, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara setidaknya dia bisa mereplikasi inovasi apa yang sudah dibuat oleh Perpustakaan Umum Kab. Indramayu, “pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu, Drs. Iwan Hermawan, M.Pd mengatakan, kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Ini yaitu dalam rangka persiapan pembuatan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam kunjungan tersebut, Iwan Hermawan, memaparkan beberapa implementasi yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Umum Kab. Indramayu sejak mulai dari tahun 2017 sampai tahun 2022 ini.

Salah satunya tentang program unggulan Perpustakaan Umum Kab. Indramayu yaitu Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca ( Gerbang Maca), gerakan perpustakaan yang diantaranya bagaimana cara kita memotivasi masyarakat untuk menggerakkan literasi dan agar masyarakat kita bisa menjadi masyarakat yang literat.

“Tanpa Program Gerbang Maca, rasanya perpustakaan umum indramayu akan jalan ditempat. Program ini, salah satu solusi untuk pengembangan layanan perpustakaan pada khususnya dan literasi pada umumnya secara komprehensif dan integral  “ungkapnya

“Tanggapan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara  sangat apresiasi sekali dan menganggap memang kunjungan ke Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu ini, suatu kunjungan yang sangat tepat bagi mereka untuk bisa mengambil pengetahuan untuk pengembangan perpustakaan kedepannya.

“Jadi rombongan tim DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, sangat Puas dan mengapresiasi sekali dengan apa yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Umum Indramayu selama ini, “tutupnya/ FIN/Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu