Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu Terima Kunjungan Studi Tiru Dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan

Share to 
Administrator | Thu, 23 Juni 2022

 

Indramayu- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu mendapatkan kunjungan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan pada Kamis (23-6-2022). Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan Bapak Drs. Dudi Budiana, M.Si beserta Pejabat Struktural dan  Fungsional Pustakawan.

Kunjungan diterima oleh Bapak Drs. Iwan Hermawan, M.Pd Selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu. Didampingi oleh Suhartati, S.Si., M.Si Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pelestarian Bahan Pustaka dan  Sulaeman Zajuli, SE.,MM Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca. Kunjungan studi tiru yang dilakukan bertujuan untuk  menambah wawasan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi  sumber daya manusia  Perpustakaan guna terwujudnya layanan perpustakaan umum yang prima.

 Kami ingin menambah wawasan tentang pengelolaan Perpustakaan  di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Indramayu.  karena kami mendapat informasi bahwa Pengelolaan Perpustakaan di Indramayu sangat baik. Ucap Dudi.

“Alhamdulillah,Setalah kami berkunjung Perpustakaan Umum Indramayu, ini sungguh luar biasa, kami disambut dengan istimewa dan juga ramah. disinih banyak Inovasi-inovasi dalam hal pelayanan dan pengembangan perpustakaan, Jalas Ini merupakan inspirasi dan motivasi bagi kami untuk membangun Perpustakaan di Kabupaten Kuningan dengan lebih baik lagi.” Tegas Dudi.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu. Terhadap Pengembangan, Pelayanan dan Peningkatan Minat, Gemar dan Budaya Baca di Kabupaten Indramayu  Kami, membuat Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor : 3 Tahun 2018 Tentang Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca ( Gerbang Maca ).

Kami memiliki program unggulan yaitu Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca (GERBANG MACA) adalah salah satu solusi untuk pengembangan atau optimalisasi layanan perpustakaan pada khususnya dan literasi pada umumnya secara komprehensif – integral. Ucap Iwan.

“Gerbang Maca adalah sebuah gerakan yang dilakukan secara massal, masif, sistemik, terstruktur, terorganisir. Inovasi sistem pelayanan  perpustakaan yang meliputi : layanan perpustakaan umum, layanan internet gratis,  pelibatan masyarakat, layanan kunjungan pemustaka usia dini, layanan perpustakaan keliling ke sekolah/desa terjauh, tertinggal dan terbelakang, membaca 15 menit sebelum belajar, pengembangan sudut-sudut baca dan perpustakaan terintegrasi.” Tegas Iwan.

Setelah sambutan, studi tiru diisi dengan tanya jawab tentang pengengelolaan Perpustakaan dan melihat langsung ruang-ruang perpustakaan seperti ruang baca dewasa, ruang baca anak, ruang audio visual, ruang podcast, ruang IT learning center, rest room toilet hingga berkunjung ke Gedung depo arsip (Fathul Ilmi Nugraha, S.IP/Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu).