Safari Literasi Bermartabat dan Bersahaja Kunjungi Desa Tegalurung

Share to 
Administrator | Wed, 15 Juni 2022
Pict By. Noval Arisandi dan Nanda 

 

Indramayu- Dalam rangka melaksanakan Safari Literasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu  mengunjungi Desa Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Rabu (15/6/2022). Kegiatan tersebut merupakan wujud sinergi antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu dengan  Kejaksaan Negeri yang bertujuan untuk  Menggemakan, menggerakan, melaksanakan kembali gerakan literasi untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Indramayu, mulai dari anak-anak tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, para mahasiswa/i, dan masyarakat umum serta bertujuan juga untuk meningkatkan pengetahuan khususnya tentang hukum dikalangan masyatakat sebagai Implementasi Jaksa Masuk Desa (JMD).

Sulaeman Zajuli, SE.,MM  mengatakan kegiatan literasi sebanarnya sudah digiatkan di lingkup Desa dan sekolah, contohnya dari mulai mengaji sebelum memulai pembelajaran di sekolah dan kita juga dapat melihat masyarakat setiap Shalat Maghrib.  Masjid dan Mushola ramai diisi oleh aktivitas-aktivitas kegiatan ibadah dan mengaji oleh anak-anak,bapak-bapak dan ibu-ibu.” Ucap Sulaeman.

Tidak hanya itu, kami berharap Pemerintah Desa Tegalurung terus melaksanakan pengembangan Perpustakaan Desa. Karena dapat diketahui bahwa perpustakaan desa merupakan perpustakaan yang menempati posisi strategis yang paling dekat dengan masyarakat dibandingkan denga perpustakaan umum lainnya.  

Pict By. Noval Arisandi dan Nanda 

 

 

“Kehadiran  perpustakaan desa harus mampu tampil sebagai solusi atas berbagai macam permasalahan di masyarakat.  Mulai dari ekonomi,  sosial, pendidikan, kesehatan dan lain lain. Solusi ini dapat dipecahkan dengan Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan Desa yang berbasis inklusi sosial,” Ucap Sulaeman.

Sementara itu Bpk. Ikhsan, SH. Kasi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Indramayu mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan langkah Kejaksaan negeri indramayu untuk menyentuh langsung kepada masyarakat serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait hukum.

Harapan kami, masyarakat desa tegalurung lebih sadar hukum, dengan masyarakat yang sadar hukum tentunya akan menjauhi perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan hukum sehingga tercipta situasi kondusif, aman, nyaman dan tentram. Tegas Ikhsan.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bpk. Sulaeman Zajuli, SE., MM Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca , Bpk. Ikhsan, SH Kasi Tindak Pidana Umum, Bpk. Ivandy, SH Kasubsi Pra Penuntutan Tindak Pidana Umum dan Kasubsi Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Startegis Intelijen Kejaksaan Negeri Indramayu, Bpk. Encep, M.Si Sekmat Balongan, Bpk. Abdullah Kuwu Desa Tegalurung, Perangkat Desa Tegalurung, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda. ( Fathul Ilmi N, S.IP/Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu).