Sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi Pegiat Literasi di Kabupaten Indramayu

Share to 
Administrator | Sabtu, 01 Mei 2021

Pemilihan kepala daerah di Kabupaten Indramayu memang telah usai beberapa bulan lalu. Pun dengan Bupati serta Wakil Bupati Terpilih telah dilantik pada bulan Februari tahun 2021. Namun demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu harus tetap melakukan sosialisasi berkaitan dengan kepemiluan kepada masyarakat.

Hal tersebut terlihat pada Senin (26/04/2021), KPU Kabupaten Indramayu menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Indramayu, melaksanakan kegiatan sosialisasi kepemiluan. Bertempat di ruang audio visual, kegiatan bertema “Sosialisasi dan pendidikan pemilih berkelanjutan (sustainable voter education) tersebut dihadiri oleh beberapa pegawai Disarpus, Bunda Literasi, serta para pegiat dari perwakilan beberapa komunitas literasi yang ada di Kabupaten Indramayu.  

“Kita ingin melakukan ini sedini mungkin sebagai langkah persiapan kita menghadapi kontestasi berikutnya pada tahun 2024”, tegas Ahmad Toni Fatoni, Ketua KPU Kabupaten Indramayu yang turut hadir langsung dalam kegiatan kali ini.

Tambahnya, sosialisasi tentang kepemiluan atau dikenal dengan istilah pendidikan pemilih ini tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Kita memiliki waktu sekitar 30 bulan untuk menghadapi pesta selanjutnya, maka demikian ini merupakan kesempatan yang tepat untuk melakukan pendidikan kepada calon pemilih. Sosialisasi tidak bisa dilakukan hanya satu dua bulan saja”, paparnya lagi.  

Tambahnya, kegiatan kali ini yang menyasar para pegiat literasi bukan tanpa alasan.  

“Saya sudah paham bagaiamana para hadirin (pegiat literasi) di sini bekerja, tentu saja dengan Disarpus sebagai leading sektornya. Diharapkan, dengan sinergitas yang akan dibangun antara KPU Kabupaten Indramayu dengan Disarpus ini dapat memudahkan serta menyiapkan masyarakat agar tidak hanya informasi yang didapat tetapi juga kemampuan dan keterampilan terkait kepemiluan, saya rasa itulah makna literasi sesungguhnya”, tegasnya.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Iwan Hermawan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu menyatakan siap memberi dukungan penuh terhadap apa yang dilakukan KPU Kabupaten Indramayu.

Pria yang baru saja dilantik menjadi Kepala Disarpus beberapa hari lalu ini menjelaskan, bahwa apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten.

“Saya ingin Disarpus menjadi corong pertama yang menjembatani ini semua (pendidikan pemilih), dengan berbagai program dan sarana yang dimiliki. Terlebih kita sudah memiliki aplikasi perpustakaan berbasis sehingga akan lebih memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi”, paparnya.

Selain itu, Iwan juga menambahkan bahwa ia akan menyebarkan koleksi yang nantinya diberikan oleh KPU sebagai bahan sosialisasi melalui pemberdayaan perpustakaan di kecamatan.  

“Kita juga akan menggandeng komunitas serta pegiat literasi di daerah. Termasuk juga Bunda Literasi di kecamatan sehingga pemasyarakatan perpustakaan akan menjadi lebih kuat. Itulah saya rasa strategi yang bisa dilakukan”, tegas Iwan.

Hadir pula dalam kegiatan ini Bunda Literasi Kabupaten Indramayu, Setyowati Anggraini Saputro.  Dalam paparannya, wanita yang akrab disapa Anggi ini menjelaskan, bahwa Bunda Literasi juga harus mengambil peran dalam konteks pemsayarakatan literasi kepada masyarakat.

“Kita juga akan mendukung penuh apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Indramayu. Masyarakat harus tahu dan paham sebelum mereka menentukan pilihan”, ungkapnya.

Anggi menambahkan, era saat ini dimana semua sudah serba digital, rasanya tidak akan terlalu sulit untuk saling berbagi informasi. Namun, yang harus dilakukan berikutnya adalah mengarahkan mereka sebagaimana mestinya sehingga mereka akan terampil dan sadar ketika memperlakukan informasi yang didapat.

Sebelum akhir kegiatan, Dewi Nurmalasari yang juga salah satu rombongan KPU Kabupaten Indramayu menjelaskan, bahwa kegiatan ini memang menjadi salah satu program KPU Kabupaten Indramayu dalam menyongsong Pilkada tahun 2024 mendatang.  

“Tujuan kita adalah edukasi. Kita juga akan menggandeng SKPD lain, namun rasa Disarpus-lah memang yang sangat sejalan dengan program kita”, tutur Dewi.  

Akhir sambutan, Dewi berharap sinergitas antara KPU dengan Disarpus Kabupaten Indramayu ini akan berkelanjutan, tidak hanya berhenti pada satu event saja.  

Menutup kegiatan, Iwan ditemani Sekretaris Dinas, Dadang Rusyanto mengajak rombongan serta hadirin untuk melihat beberapa fasilitas dan sarana yang ada di Perpustakaan.  (Noval Arisandi,A.Md/ Fathul Ilmi N, S.IP)