Postasi : Podcast Literasi Indramayu

Share to 
Administrator | Senin, 14 September 2020

A.  Latar Belakang

Kita saat ini hidup di dunia dengan peradaban teknologi tinggi, apapun aktifitas yang kita lakukan atau kerjakan dibantu oleh alat bantu atau tools hasil dari produk teknologi. Tanpa disadari kehidupan kita tidak bisa lepas dari alat bantu tersebut ambil contoh saja smart phone, camera, komputer, podcast, televisi, radio, internet dan masih banyak lagi. Hadirnya alat bantu tersebut juga merubah pola kehidupan sosial kita dalam berinteraksi maupun berkomunikasi.

Bentuk komunikasi modern ini berbeda jauh dari apa yang terjadi pada komunikasi tradisional dimana sang komunikator dan komunikannya bertatap muka ( face to face communications ) dimana komunikan bisa memberikan reaksi secara langsung ( two way traffic communications). Peranan media massa dalam pembangunan nasional, dalam hal ini membantu mempercepat proses peralihan masyarakat tradisional ke masyarakat modern.

Dalam perkembangannya internet merupakan salah satu penemuan terpenting abad ini dikarenakan kegunaanya yang mampu menyentuh semua aspek kehidupan. Melalui internet kita dapat melakukan banyak aktifitas seperti mencari infromasi, berbisnis, pendidikan, hiburan, mencari pekerjaan dan tentunya juga tentang Informasi di Perpustakaan.

Selanjutnya, informasi merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Setiap saat bahkan setiap menitnya, individu pasti mencari dan mendapatkan informasi baru. Apalagi saat ini dunia sedang mengalami kekacauan akibat adanya pandemi yaitu Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, sebuah virus jenis baru berasal dari China, karena pandemi tersebut masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing dan physical distancing yang mengakibatkan masyarakat harus berada di rumah terus-menerus

dan dilarang berdekatan satu sama lain. 

Sehingga masyarakat khususnya pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya mau tidak mau harus melakukan kegiatan melalui online atau Work from Home (WfH). Lembaga internasional di bidang perpustakaan yaitu IFLA  (International Federation of Library Associations and Institutions) telah mengeluarkan  pedoman bagi perpustakaan seluruh dunia untuk bisa memberikan layanan selama masa pandemi berlangsung (IFLA, 2020).   

Di masa genting seperti saat ini, para pelajar,mahasiswa dan masyarakat pada umumnya akan memfokuskan dirinya pada media berita melalui televisi, media sosial maupun media online lainnya. Masyarakat juga akan menggunakan waktunya untuk berselancar informasi di internet dan media komunikasi seperti, WhatsApp, Telegram, Facebook, Twitter,  Youtube, Podcast dan Instagram untuk memperoleh informasi terbaru/ up-to-date. 

Saat ini pemustaka sangat membutuhkan informasi terbaru seputar literasi dan banyak  pelajar dan mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar dan mengajar melalui online atau dilakukan di rumah masing masing untuk menghindari penularan virus. 

Oleh sebab itu perpustakaan umum indramayu seharusnya dapat mengambil peluang untuk mempromosikan perpustakaannya agar eksistensinya terlihat di mata masyarakat  indramayu secara luas. 

Gambar 1. Data dari katadata.co.id

Perpustakaan dapat memaksimalkan layanan melalui berbagai macam inovasi layanan perpustakaan di masa pandemi covid 19. Selanjutnya, untuk mengimplementasikan  tersebut perpustakaan umum kabupaten indramayu dapat mengoptimalkan layanan yang ada dengan membuat perkembangan-perkembangan baru yang dapat mempermudah pemakai dalam mengakses informasi. salah satunya adalah melalui konsep layanan Postasi, Postasi diambil dari akronim Podcast literasi Indramayu.

Dengan berkembangnya teknologi informasi, maka perpustakaan umum kabupaten indramayu dapat memanfaatkannya dengan membuat sebuah konsep layanan yang menarik dan adaptable with change and friendly.

Berdasarkan beberapa masalah diatas, perpustakaan umum kabupaten indramayu, ingin menunjukan eksitensinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, meskipun dalam situsi dimasa pandemi covid 19. Perpustakaan akan mengahdirkan sebuah konsep layanan Podcast Literasi Indramayu ( Postasi ). 

B. Dasar Hukum

  1. Undang – Undang  Nomor. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan;
  2. Undang – Undang Nomor. 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan;
  3. Undang – Undang  Nomor. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah;
  4. Keputusan Bersama Mentri Dalam Negeri dan Kepala Perpustakaan 
  5. Nasional Nomor   4 Tahun 1993 dan Nomor 2 Tahun 1993 tentang Pedoman, Pembentukan, Penyelenggaraan,   Pengembangan   dan  Pembinaan   Perpustakaan   di  Jajaran  Departemen Dalam Negeri;
  6. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 1994 tentang Pedoman  Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Umum / Kota Daerah Tingkat II;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor : 4 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan. 
  8. Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat Daerah Kabupaten Indramayu;
  9. Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor : 3 Tahun 2018 tentang Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca ;
  10. Peraturan Bupati Indramayu Nomor 58 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

 

Maksud dan Tujuan : 

 

Maksud :

“Dalam rangka membumikan dunia Literasi dan arsip di daerah Kabupaten Indramayu. “

Tujuan :

“Untuk peradaban yang lebih baik melalui kegiatan Literasi di Kabupaten Indramayu “

 

Sasaran 

Sasaran pada program ini adalah:

1. Masyarakat Umum

2. Pelajar SMA/SMK/MA

3. Pelajar SMP/MTs

5. Pelajar SD/Mi

6. Pelajar TK/PAUD

7. Mahasiswa

 

C. Gambaran Umum

 

Podcast yaitu berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Podcast ini adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. 

Perlu kita ketahui bersama Podcast berbeda dengan radio yang mau tidak mau, ya harus mendengarkan semua berita, informasi, dan juga iklan yang disiarkan melalui radio. Bahkan, Podcast ini bisa menjadi ladang investasi berbiaya rendah, karena tidak memerlukan stasiun radio. Pendengar juga memiliki kesempatan untuk dapat memilih mengunduh topik yang sesuai dengan selera.

Setidaknya ada ratusan kategori tema yang bisa kita pilih di Podcast. Beberapa dari kategori tersebut adalah Arts, Business, Comedy, Education,literacy, archiev, Games & Hobbies, Health, dan sebagainya. 

 

D. Pengertian Postasi :

podcast-literasi-indramayu

 

Podcast atau disebut juga Siniar. Wikipedia mengartikan Podcast sebagai rangkaian siaran berkelanjutan berupa file audio digital yang dapat diunduh pengguna ke perangkat pribadi agar mudah di dengarkan.

Postasi kepanjangan atau akronim dari Podcast Literasi Indramayu adalah kegiatan podcast yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu yaitu tentang diskusi khusus yang berkelanjutan dengan tema-tema yang menarik, inspiratif, dan unik seputar dunia literasi, arsip serta konten lokal budaya Indramayu. Kegiatan ini disiarkan secara santai namun penuh makna. Selain tersedia dalam format audio juga tersedia dalam format video.

 

E. Pengertian Logo Postasi :

Icon Postasi

 

F. Logo Postasi terinspirasi dari :

  1. Kupu: Indah, Menarik, Inspiratif, dan Unik;
  2. Buku: Peradaban dan Pengetahuan; 
  3. Dua Orang (dari samping): Terbuka dan saling mendukung untuk kebaikan;
  4. Orange dan Abu-Abu: Bersemangat, hangat, tenang, nyaman.

 

G. Filosofi Logo Postasi :

Logo kupu-kupu dengan dua sayap buku membentuk dua insan manusia yang saling mendukung kebaikan. Kegiatan Postasi Indramayu seperti halnya hewan kupu-kupu, yakni kegiatan yang menarik, indah, inspiratif dan unik. Setiap kegiatannya merepresentasikan seperti itu dimana melalui berbagi pengetahuan baik tacit maupun eksplisit bisa saling berbagi untuk kebaikan melalui proses diskusi yang terbuka. Kegiatan diskusi ini tentu dalam upaya mencapai peradaban yang lebih baik lagi di daerah Kabupaten Indramayu. Seperti halnya warna orange dan abu-abu, semoga kegiatan Postasi Indramayu ini selalu semangat dan hangat dengan penuh ketenangan dan kenyamanan.

 

H. IMPLEMENTASI PROGRAM POSTASI

 

Untuk mengimplementasikan Program Podcast Literasi Indramayu (Postasi), maka diperlukan langkah-langkah persiapan dan perencanaan yang matang. Oleh karenanya perlu dilakukan, penyiapan infra struktur yang mendukung program tersebut serta penentuan subyek dan obyek dari program tersebut. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pustakawan dan arsiparis pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu sebagai berikut :

  1. Kanda Literasi, kata kanda dalam bahasa indramayu yaitu bincang atau ngobrol dengan satu atau dua orang. Kanda literasi merupakan sebuah kegiatan bincang bincang literasi yang dibuat secara tematik, menarik, inspiratif dan unik. dengan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

            Kegiatan ini dipandu oleh host baik dari pustakawan atau arsiparis disarpus indramayu, selanjutnya kegiatan ini  kami sajikan dalam format audio juga tersedia dalam format             video yang akan kami upload di akun youtube disarpus indramayu. Kegiatan Kanda literasi minimal 2 minggu sekali acara ini rutin dilakukan.

         2. Rabu : Bersama Buku, merupakan sebuah gerakan yang di inisiasi oleh pustakawan disarpus indramayu. Dimana setiap hari rabu, pustakawan mengajak masyarakat 

              indramayu khususnya para pelajar indramayu, untuk sejenak  meluangkan waktunya untuk  berliterasi. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Pustakawan akan                    melaksanakan Review Buku. serta Pustakawan juga akan menunjukan bakatnya dalam bercerita atau mendongeng untuk anak usia dini. Kegiatan ini akan kami upload di                    kanal media sosial serta chanel youtube disarpus indramayu.

         3. Kamis : Bersama Arsparis merupakan sebuah kegiatan tentang diskusi mengenai budaya, sejarah, content lokal indramayu serta edukasi tentang penerapan pentingnya 

              tertib arsip dilingkup instansi maupun keluarga. Kegiatan Kanda Arsip ini, akan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya, serta dipandu oleh arsiparis                             disarpus indramayu. Selanjutnya, kegiatan ini akan kami sajikan dalam format audio juga tersedia dalam format video yang akan kami upload di akun youtube disarpus                       indramayu. Kegiatan Kanda Arsip minimal 3 minggu sekali acara ini rutin dilakukan setiap hari kamis.

 

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk menciptakan masyarakat yang gemar membaca perlu dilakukan langkah komprehensif dan integral dari seluruh sumber daya yang tersedia. 

Bahwa dalam memasyarakatkan gerakan minat baca perlu melibatkan semua pihak baik itu institusi pendidikan, komunitas, pegiat literasi dan masyarakat umum dan tentunya perpustakaan sebagai ujung tombaknya. Dengan demikian diharapkan terjadi sinergi yang baik diantara sesamanya sehingga tercipta masyarakat pembelajar sepanjang hayat. 

Demikian uraian singkat, Program Podcast Literasi Indramayu (Postasi) yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.