Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020

Share to 
Administrator | Senin, 27 Juli 2020

Indramayu, Senin 6 Juli 2020.  Dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan di Indonesia telah dilakukan antara lain melalui peningkatan pendidikan di Indonesia yang diwujudkan dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Pasal 1 menyebutkan, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik  secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat bangsa dan negara.

Tim Juri Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Barat

 

Salah satu sarana yang amat penting, bahkan dapat diibaratkan sebagai  jantung di dalam proses pembelajaran di sekolah/madrasah adalah perpustakaan. Dalam Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Pasal 23 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan”, selanjutnya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun  2007 disebutkan bahwa perpustakaan sekolah/madrasah perpustakaan yang merupakan bagian integrasi dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/madrasah. Perpustakaan sekolah/madrasahberada di lingkungan sekolah/madrasah, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini sampai tingkat pendidikan menengah atas, yang ditujukan bagi masyarakatsekolah/madrasah, dan merpakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan sekolah/madrasah.  Penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah seperti dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perpustakaan merupakan kewajiban setiap sekolah/madrasah. Hal ini berarti bahwa setiap sekolah/madrasah wajib memiliki perpustakaan yang dikelola berdasarkan standar yang ditetapkan.

Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020

Sambutan tim juri dan plt kepala sekolah smkn 2 indramayu

 

Dalam pasal 23 ayat (1) UU no.43/2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan bahwa” setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan”. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah seperti dijelaskan dalam PP No.24/2014 tentang Standar Nasional Perpustakaan merupakan kewajiban setiap sekolah/madrasah. Ini berarti bahwa setiap sekolah/madrasah wajib memiliki perpustakaan yang dikelola berdasarkan standar yang ditetapkan.

Perpustakaan Sekolah perlu meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Guna meningkatkan gairah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan pendidikan dasar dirasa perlu diadakan Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA (SMA, MA, SMK) Negeri maupun Swasta.

Tanggal 6 Juli 2020, Panitia Pelaksana Lomba Perpustakaan Sekola  Tk.SLTA (SMA, MA, SMK) Negeri dan Swasta tingkat Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan penilaian ke Kabupaten Indramayu yaitu pada SMKN 2 Indramayu. Adapun Tim Juri Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020. diantaranya :

1. Dr. Hj. Tine Silvana., M.Si

2. Dr. Hj. Oom Nurrohmah., M.Si

3. Dra Hj. Hanun Ningsih., MM

 

“ Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambahkan pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan   visi dan misi sekolah  dengan mengadakan bahan bacaan bermutu sesuai dengan kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi (mengkaitkan pembelajaran dengan perpustakaan sekolah) dan kegiatan penunjang lain.

Perpustakaan sekolah bertujuan menyediakan pusat sumber belajar sehingga dapat membantu mengembangkan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan (intelektual,emosional dan spiritual) serta kemampuan peserta didik, kependidikan dan tenaga kependidikan. Tegas Ibu Hj. Oom Nurrohmah ( Perwakilan dewan Juri ) ”.

 

Selanjutnya, dalam sambutan plt. Kepala sekolah smkn 2 indramayu. Beliau mennjelaskan Perpustakaan sekolah merupakan inti atau jantungnya sekolah yang sangat penting bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus ditingkatkan pengelolaannya dan kami siap suport baik dari anggran dan sdm demi mewujudkan perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional .

 

Setelah, proses penyambutan yg sesuai dengan protokol kesehatan covid 19. selanjutnya dewan juri langsung melaksanakan recheking dan tanya jawab dengan pustakawan,pengelola perpustakaan serta kepala perpustakaan. Writed : Fathul ilmi N, S.IP/Disarpus Indramayu

 

Dokumentasi Lomba Perpustakaan Sekolah

 

Sebelum mengunjungi perpustakaan smkn 2 indramayu. tim juri melakukan koordinasi dengan pihak  disarpus indramayu 

koordinasi dengan disarpus indramayu

 

 

Plt. Kepala Sekolah menyampaikan inovasi penerapan TIK di Perpustakaan Damay    

 

sudut baca perpustakaan damay

 

 

 

layanan pusling smkn 2 indramayu