Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Rabu, 25 September 2019 10:31:26 WIB


Disarpus Indramayu - Selamat datang kembali di Perpustakaan Umum Indramayu.  Ada yang tahu berapa jumlah buku yang tersedia di Perpustakaan Umum Indramayu? Pengadaan bahan pustaka baru setiap tahun sangat penting untuk menyegarkan koleksi bahan pustaka yang ada dan menggantikan koleksi bahan pustaka yang sudah kadaluwarsa.

Menurut Sutarno NS (2006 : 118), Manfaat pengembangan koleksi antara lain :

  1. Membantu menetapkan metode untuk menilai bahan pustaka yang harus dibeli.
  2. Membantu merencanakan bentuk-bentuk kerja sama dengan perpustakaan lain, seperti pinjam antar perpustakaan, kerjasama dalam pengadaan, dan sebagainya.
  3. Membantu identifikasi bahan pustaka yang perlu dipindahkan ke gudang atau dikeluarkan dari koleksi.
  4. Membantu dalam merencanakan anggaran jangka panjang dengan menetapkan prioritas-prioritas dan garis besar sasaran pengembangan.
  5. Membantu memilih cara terbaik untuk pengadaan.

Perpustakaan Umum Indramayu selalu melakukan pengadaan untuk bahan pustaka setiap tahun, sehingga koleksi bahan pustakanya sudah banyak terutama koleksi buku. Mari tahu berapa koleksi yang ada di Perpustakaan Umum Indramayu.

koleksi-buku-baru

Koleksi Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu

  1. Buku = 493judul, 49.308 eksemplar.
  2. E-book =   916judul,   6.191 eksemplar

Untuk mencari koleksi perpustakaan umum indramayu, sahabat dapat mengakses pada opac.indramayukab.go.id selanjutnya sahabat juga dapat menikmati akses e- book secara gratis baik melalui playstore maupun personal computer. Berikut link akses iIndramayu untuk smart phone https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.indramayu

Untuk personal computer : http://iindramayu.moco.co.id/

download-ebook-iindramayu

Ketersediaan koleksi bahan pustaka dan jumlah buku yang sedikit juga akan berpengaruh pada minat baca masyarakat. Apabila pemustaka datang dan melihat koleksi buku yang sedikit tersedia di lemari, pemustaka hanya sekedar akan mencari buku yang di butuhkan kemudian membaca dan setelah selesai membaca tidak ada ketertarikan untuk membaca koleksi buku yang lainnya karena koleksi sedikit.

Tapi apabila pemustaka datang dan melihat banyak sekali jenis koleksi buku di rak perpustakaan yang tersusun rapih, pengunjung akan merasa senang karena akan ada banyak jenis koleksi buku yang akan di baca. Dengan jumlah koleksi buku  di Perpustakaan Umum Indramayu, diharapkan pemustaka akan puas membaca dan akan mendapat lebih banyak referensi dari buku apa yang baca.

 Sebelum mengakhiri informasi ini, mimin berpesan kepada Sobat perpustakaan umum indramayu, sobat dapat juga mengajukan judul buku yang belum ada di Perpustakaan Umum Indramayu dengan mengisi form ini https://disarpus.indramayukab.go.id/usulbuku/ Ayo sobat pustaka ajukan buku yang ingin kamu inginkan. ( Fathul Ilmi N,S.IP/Disarpus Indramayu)