Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Kamis, 12 September 2019 14:27:59 WIB


             Seiring dengan perkembangan teknologi infromasi, maka peran pustakawan dalam dunia belajar mengajar masih menjadi kebutuhan pokok bagi para pendidik dan peneliti. Pustawakan ini memiliki peran pada perpustakaan sebagai penyampai infromasi, dengan menggunakan berbagai program kemasan infromasi dengan aneka penyajian. Lalu apakah tujuan dari senam relaksasi ditengah bertugas menjadi pustakawan ?

            Bagi masyarakat, terapi kesehatan merupakan sarana memanjakan diri menjadi suatu kebutuhan bahkan telah menjadi trend saat ini. Terlebih lagi bagi pustakwan, di tengah rutinitas bertugas menjadi pustakawan, senam relaksasi juga sangat diperlukan untuk mendapatkan manfaat baik bagi pustakawan. Karena seorang pustakawan ini dituntut untuk menjadi tolak ukur apakah informasi yang disampaikan bermanfaat atau tidak.

Tujuan Dari Senam Untuk Relaksasi Ditengah Bertugas Menjadi Pustakawan

            Tujuan utama senam relaksai bagi para pustakawan ialah senam relaksasi akan membuat seorang  pustakawan lebih mampu menghindari reaksi yang berlebihan karena adanya stres. Suatu penelitian membuktikan bahwa relaksasi dapat menurunkan ketegangan pada siswa sekolah penerbang, hal ini juga berlaku untuk pustakawan.

            Tujuan kedua ialah relaksasi dapat mengobati dan mengurangi masalah penyakit seperti hipertensi, sakit kepala, dan insomnia. Tujuan lainnya ialah mengurangi tingkat kecemasan yang berlebihan. Hal ini sangat berpengaruh pada pustakawan yang memiliki kesibukan padat dalam mengelola perpustakaan. Suatu penelitian telah menunjukkan bahwa individu dengan tingkat kecemasan yang tinggi dapat menunjukkan efek fisiologis positif melalui senam relaksasi.

            Menjadi seorang pustakwan harus selalu berpikir positif. Sebab, pustakwan tidak hanya ahli dalam mengkatalog, mengkalsifikasi koleksi, namun juga harus mempunyai nilai tambah, karena informasi terus berkembang.

            Senam relaksasi bagi pustakawan mengurangi kemungkinan stres dan mengontrol kecemasan dalam pertemuan penting, wawancara dan sebagainya. Hal ini berguna bagi pustakwan yang memiliki berbagai kesibukan dalam mengelola perpustakaannya. Seperti contohnya menghadiri suatu rapat, atau bahkan ketika dimintai wawancara oleh pihak-pihak yang membutuhkan informasi.

            Seorang pustakawan adalah mitra intelektual yang memberikan jasanya kepada pemakai. Oleh karena itu pustakwan harus ahli dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan pemakai.

            Senam relaksasi juga dapat mengurangi perilaku tertentu yang sering terjadi selama periode stres.

            Beberapa tujuan senam relaksasi di tengah kesibukan bertugas menjadi seorang pustakwan tersebut sangat bermanfaat bagi pustakawan dalam menjalankan tugasnya. Oleh sebab itu, penting bagi pustakawan melakukan senam relaksasi untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif yang dapat menyerang dirinya.

            Berikut adalah Tutorial Cara Senam Relaksasi Pustakawan, Video ini bersumber dari Tim Forum perpustakaan perguruan tinggi ( Jawa Barat ). Copyright : Mars Pustakwan By. Dr. Hj. Oom Nurrohmah, M.Si. buat sahabat pustakawan yang ingin mencari Kumpulan Lagu Literasi karya beliau, sahabat dapat mengunduh di link berikut  Download Lagu Budaya Baca( Fathul Ilmi N,SIP/Disarpus Indramayu )

Video Tutorial Senam Relaksasi Pustakawan