Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Jumat, 23 Agustus 2019 08:42:30 WIB


Indramayu, 23 Agustus 2019. Perpustakaan menjadi sebuah integral yang tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat, perpustakaan kab/kota se Indonesia. Memiliki khas,ciri dan keunikan tersindiri. Pada tahun ini Perpustakaan Umum Indramayu. Membuat sebuah gebrakan dengan pembuatan design icon perpustakaan. Adapun biaya pembuatan design ini tidak dibebankan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Selanjutnya Tujuan dari pembuatan icon perpustakaan umum indramayu ialah untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan program dan kegiatan perpustakaan kepada masyarkat serta mendekatkan perpustakaan kepada masyarkat indramayu.

Icon Perpustakaan Umum Indramayu digambarkan dengan :

Pertama : Mangga dan kijang merupakan flora dan fauna khas Indramayu yang mengakar sudah ratusan tahun yang lalu. Bahkan, sebutan lain dari Indramayu adalah kota mangga. Di zaman Kerajaan Majapahit, Pajajaran, Cirebon hingga penjajahan Belanda, komoditas ekspor utama Indramayu adalah buah mangga. Catatan tentang buah mangga bisa ditemukan dalam naskah Lontar Legok Widasari dan arsip Belanda tentang Syah Bandar Cimanuk. Sedangkan hewan kijang adalah hewan yang menolong Raden Wiralodra ketika tersesat mencari Sungai Cimanuk. Kisah ini bisa tersajikan dengan baik dalam naskah Babad Dermayu. Jadi, flora dan fauna tersebut bagi warga Indramayu dianggap mempunyai makna sejarah dan kultural sebagai bagian dari entitas kabupaten Indramayu.

Pemilihan dua simbol ini seyogyanya agar wong Dermayu bisa mengambil hikmah yang besar tentang cerita-cerita dibalik buah dan hewan ini.

Kedua : Menempatkan tulisan Perpustakaan Kabupaten Indramayu diartikan bahwa pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai pengambil prakarsa dalam membangun masyarakat yang literat.

Ketiga : Digambarkan kijang dan mangga yang sedang membaca buku yang besar sebagai simbol bahwa buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Tulisan Gerbang Maca diartikan sudah saatnya masyarakat Indramayu memasuki ruang atau area baru dalam memasuki masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan berdayasaing.

Keempat : Kijang dan mangga dilambangkan dengan warna pink sebagai simbol dari kelembutan cinta dan warna biru melambangkan rasa optimisme yang tinggi terhadap prestasi.

Kelima :  Filosofi dengan warna hijau melambangkan tunas bangsa yang siap untuk menjadi pemimpin bangsa pada masa yang akan datang dan warna orange melambangkan kreatifitas, rasa senang dan penuh semangat.

Demikian uraian singakat tentang icon perpustakaan umum indramayu, semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi kita semua.

*** Penggagas Program Gerbang Maca : Bpk. Wawang Irawan.

Kontributor : Bpk. Toto Susmanto, Bpk. Iwan Hermawan, , Narjito, Anri Heriyanto, Suganda, Sudartono, Taryono, Fathul Ilmi N, Ibu Titi Sudiarti, Titin Susyanti, Siti Fadlilah,Murtiningsih, Euis Istiqomah, Netty Rosnetty, Saptawati, Tawekal,Ucih Kurnianingsih,Sottyana Dwi, Eni Faridah,May Paryuni, Herlina, Noval,Artika,Nanda,Nabilla dan Pegiat Literasi se Kabupaten Indramayu.

Editor : Meneer Panqi, Murad Maulana Vespa

Design By. Ade Haryanto