Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Senin, 08 April 2019 09:57:26 WIB


Indramayu, Salah satu upaya untuk menumbuhkembangan minat gemar dan budaya baca, yaitu dengan kegiatan Lomba Bercerita, Kegiatan ini sebagai bentuk upaya gemar membaca dan kecintaan terhadap cinta tanah air dan daerah. Salah satu kegiatan rutin tiap tahun coba dilakukan leh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu (Disarpus). Salah satunya yakni dengan menggelar kegiatan Lomba Bercerita bagi Siswa SD tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2019.

lomba-bercerita-indramayu

 

Lomba Bercerita yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini selalu disambut antusias oleh semua kalangan pelajar dan satuan pendidikan. hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ikut dan kualitas lomba yang semakin meningkat.

Kepala Disarpus Kabupaten Indramayu, Toto Susmanto, mengatakan, banyaknya peserta membuat waktu pelaksanaan diperpanjang menjadi dua hari yaitu 1 & 2 April di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

Tingkatkan Minat Budaya Baca Melalui Lomba Bercerita

“Tahun ini diikuti 60 anak dari seluruh SD di Kabupaten Indramayu, dan waktunya menjadi 2 hari. Mereka sangat luar biasa dan antusias mengikuti lomba ini, ” kata Toto.

Toto menambahkan, dengan lomba bercerita ini harapannya siswa-siswi mulai dari usia dini selalu mencintai budaya, khususnya budaya tradisional dan budaya bangsa, sehingga nantinya akan tertanam pula rasa cinta tanah air. Kemampuan peserta dalam bercerita diawali dengan kemampuan dalam membaca buku atau naskah yang telah disediakan.

Dalam kegiatan itu para peserta lomba membawakan cerita tradisional di hadapan para peserta lain dengan waktu 10 menit. Mereka diperbolehkan membawa alat peraga untuk improvisasi cerita.

Lomba Bercerita Disarpus Indramayu

“Para peserta dinilai dari segi gaya pembawaan, penguasaan materi, intonasi, gerakan, serta peralatan atau alat peraga yang dibawa dan ditampilkan peserta,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri maka sebagai juara harapan 3 diraih oleh Nabila Riswara SDN 2 Jatibarang, harapan 2 diraih oleh Nurul Rizki SDN 2 Sukaurip, harapan 1 diraih Kayla Hana K SDN 2 Dadap, juara 3 diraih Nurul Azizah SDN Bayt Tamyiz Tukdana, juara 2 Hazari Zahrotul SDN 1 Telagasari, juara 1 Atia Azahra SDN 1 Margadadi.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah trophy dan piagam serta uang pembinaan juara 1 sebesar 3 juta, juara 2 sebesar 2,5 juta, juara 3 sebesar 2 juta, juara harapan 1 sebesar 1,5 juta, juara harapan 2 sebesar 1 juta, dan juara harapan 3 sebesar 750 ribu.

“Pemenang pertama akan kita ikut sertakan pada lomba serupa tingkat Provinsi Jawa Barat, ” tegas Toto. (Yoga/Aa Deni/Diskominfo Indramayu).

Modified : Fathul Ilmi N,S.IP ( Disarpus Indramayu )