Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Sabtu, 31 Maret 2018 08:50:24 WIB


Indramayu, 17 Maret 2018 - Ada yang menarik dari kegiatan Pelibatan masyarakat di Perpustakaan umum kabupaten indramayu, Pelatihan Android studio kali ini diadakan selama satu hari, kami mengadakan Workshop Android kelas Intermediate yang dikhususkan untuk para Pemuda di Indramayu baik lingkungan, Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat Umum, startup, komunitas dan perusahaan yang sedang merintis pembuatan aplikasi berbasis Android tahap lanjutan atau biasa disebut Intermediate. Untuk membuat sebuah aplikasi android peserta sudah menginstal apk Android Studio 3.0

Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu

Pembukaan pelatihan Android studio ini sukses mendatangkan kurang lebih 34 peserta dari berbagai profesi,  pelatihan Android ini dibuka oleh Fathul ilmi N selaku PIC Program Perpuseru Perpustakaan umum kabupaten indramayu. Sebelum pelatihan dimulai fathul ilmi menjelaskan tujuan diadakannya acara  ini, selain membantu para developer Android untuk membuat aplikasi secara baik, acara ini juga mengenalkan para peserta Android lainnya.

Para peserta yang berjumlah kurang lebih 34 ini mengikuti kelas Android dengan antusias, pada pelatihan ini Narasumbernya yaitu saudara Rizal Hilman Software developer and trainer at imastudio.co.id  Rizal selaku Narasumber langsung memberikan materi android tahap dasar dan juga yang langsung turun tangan apabila ada peserta yang kesulitan dalam memahami materi tersebut. Untuk pelatihan kali ini peserta diminta untuk menginstall aplikasi android studio dan menulis program pertama kali di android.  Peserta diajarkan dan diminta untuk membuat  dan memahami layout dengan android studio dengan berbagai macam views dengan menggunakan XML. Dalam pelatihan ini diharapkan peserta dapat  membuat simple layout dengan XML, memahami View : textview, imageview, buttonview, memahami style view, dan memahami atribut: color, size,weight, padding, margin.

Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu Cetak Programmer Muda_1

Pada kesempatan ini juga, Beliau membagi pengalamannya menjadi seoarang pegiat android dan menjelaskan bagaimana cara menjadi Android developer yang baik dan benar. Dari komunikasi antar tim sampai struktur dan efisiensi pemrograman. Rizal khilman menjelaskan juga bagaimana membangun tim kerja yang memiliki 1 otak yang sama yang artinya yaitu memiliki pemikiran yang sama dalam proses pengembangan agar tetap balance. Rizal khilman juga menerangkan hal hal yang harus diterapkan untuk menjadi Android Developer, seperti penggunaan algoritma, penggunaan library yang efisien, dan metode-metode yang “rapih” dalam proses pengembangan.

  • Di sesi terakhir, Rizal khilman memotivasi peserta dengan Quote yang bermanfaat dari Rizal khilman: “Lebih baik menjadi sumur yang dalam daripada yang besar tapi gitu2 aja“.

Tiba saatnya setelah serangkaian materi pelatihan android studio yang diadakan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu, peserta melakukan sesi foto bersama dengan Rizal khilman beserta peserta pelatihan Android yang hadir di akhir pertemuan ini.

 Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu Cetak Programmer Muda_2