Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Sabtu, 31 Maret 2018 09:05:10 WIB


Saatnya Perpustakaan Beralih Dalam Genggaman, Perpustakaan Umum Kab. Indramayu telah mempunyai aplikasi iIndramayu. selebihnya bisa dibaca dibawah ini.

BERAGAM cara dan inovasi terus dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Wawang Irawan. Selain terus berinovasi dan mengembangkan perpustakaan konvensional, pihaknya juga tengah mengembangkan perpustakaan dalam genggaman yang dapat diakses dengan Gawai (bahasa Inggris: gadget) melalui ‘iIndramayu’.

Sebuah aplikasi perpustakaan digital yang dirancang berbasis media sosial. Aplikasi ini dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca e-book atau buku elektronik.

iIndramayu

“Dengan aplikasi tersebut, pemustaka dapat membaca buku kapan saja dan dimana saja. Mereka dapat menikmati layanan perpustakaan dalam genggaman,” ungkap Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Wawang Irawan, didampingi Iwan Hermawan sebagai sekretarisnya, Rabu (20/12/2017).

Transformasi ini sekaligus menjadi kampanye gemar membaca dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bila sesungguhnya literasi itu bukan hanya sekadar membaca buku semata. Tetapi lebih luas dari itu adalah menerapkan apa yang dibacanya.

Dilengkapi berbagai fitur media sosial, aplikasi ‘iIndramayu’ yang dapat dengan mudah diperoleh melalui ‘Playstore’ dipastikan akan memudahkan para pemustaka untuk dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain.

“Dengan aplikasi ini pula, pemustaka dapat saling memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca. Membaca e-book menggunakan aplikasi iIndramayu jadi lebih memudahkan karena buku elektronik dapat dibaca secara online maupun offline,” jelasnya.

Hingga saat ini, telah tercatat lebih dari 1.078 judul buku yang ada pada ‘iIndramayu’. Berbagai terobosan yang dilakukan Disarpus Kabupaten Indramayu menjadikannya sebagai perpustakaan yang diperhitungkan di Jawa Barat, bahkan di tingkat nasional. Selain bermain dalam ranah digital, pihaknya juga terus meningkatkan layanan perpustakaan keliling.

perpustakaan dalam gengaman iindramayu

Bahkan layanan tersebut kini telah mampu menjangkau sekolah-sekolah terpencil, terjauh atau bahkan terbelakang. Dengan armada baru yang dimiliki dan berbagai fasilitas pendukung lengkap di dalamnya, ia yakin akan mampu menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar.

“Kita berusaha maksimal mewujudkan perpustakaan yang selalu ada dan dekat dengan masyarakat pembaca,” pungkasnya. Cipyadi/KC Online

Untuk donwlod iIndramayu bisa klik link ini http://iindramayu.id/