Bismillahi Rahmanir Rahim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Share :

Administrator | Jumat, 21 Desember 2018 09:07:24 WIB


Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Indramayu terus mendapatkan kepercayaan dari publik. Hal ini karena komitmen untuk melakukan inovasi dan terobosan yang tiada henti terus dilakukan. Salah satu inovasi yang terus dilakukan adalah menjangkau daerah terjauh dan tersulit untuk mendapatkan pelayanan perpustakaan dengan menggunakan mobil keliling.

Beberapa waktu lalu, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan secara langsung mobil perpustakaan keliling kepada Disarpus yang merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI di Alun-Alun Indramayu.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Wawang Irawan menjelaskan, mobil perpustakaan keliling yang baru saja diserahkan tersebut untuk menjangkau daerah-daerah terjauh yang ada di Kabupaten Indramayu. Hal ini mengingat minat baca masyarakat sudah semakin meningkat namun kurangnya sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan minat literasi masyarakat Indramayu.

Mobil untuk perpustakaan keliling tersebut telah dilengkapi dengan 400 judul buku terbaru dan juga telah dilengkapi dengan perangkat audio video. Sehingga selain untuk sarana perpustakaan juga dapat digunakan untuk menonton bareng film edukasi tentang literasi yang lebih menarik.

“Mobil ini telah dilengkapi dengan audio video multimedia, sehingga hal ini dapat meningkatkan minat membaca dan menciptakan suasana membaca lebih fun dan relaxs. Kehadiran mobil perpustakaan keliling ini sangat dinantikan oleh pemustaka dini,” katanya.

Wawang menambahkan,  mulai 2 Januari 2018 Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu buka hari Senin sampai Jum’at dari jam 08.00 – 21.00, sedangkan hari Sabtu buka dari jam 08.00 – 15.00.

“Selain layanan koleksi Perpustakaan untuk dibaca dan pinjaman buku secara manual, di Perpustakaan juga sudah tersedia layanan internet gratis,” tegas Wawang.

Sementara itu Bupati Indramayu yang juga Bunda Literasi, Hj. Anna Sophanah, mengatakan, mobil perpustakaan keliling ini bisa menjangkau ke desa-desa yang terjauh sehingga mereka bisa tersentuh perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca ditengah masyarakat Indramayu.

“Respon masyarakat untuk membaca jika dilakukan dengan kreatif akan semakin meningkat. Kehiadiran mobil dengan perangkat multimedia ini mudah-mudahan bisa menciptakan suasana membaca yang lebih santai dan senang,” tegas Anna. Aa DENI / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu